Wednesday 13 February 2013

Liburan Semester Pertama

Nggak terasa udah hampir dua bulan saya nggak menjalani aktivitas saya sebagai mahasiswa. Itu artinya liburan saya udah mau abis. Hari ini saya mau coba mereview apa aja yang udah saya lakuin selama liburan ini.

Di awal Januari kemarin saya dikejutkan dengan usulan ibu saya yaitu mendaftar kursus menjahit. Awalnya saya males juga, masa iya anak kuliahan kursus kaya gitu. Gengsi lah. Tapi karena saya tahu liburan di rumah saja pasti bakalan membosankan, akhirnya saya nurut. Begitu daftar dan bayar, hari itu juga saya sudah dibolehin masuk. Karena masih anak baru, ibu guru kursus saya ngajarin saya buat menggambar pola dulu. Hari pertama itu saya diajari membuat celana pendek. Setelah dua hari, celana itu jadi juga. Pelajaran selanjutnya adalah bikin rok. Ini lumayan ribet sih. Karena emang ada bagian-bagian tertentu yang kalau nggak rapi, nggak bakal enak dipakainya. Kira-kira tiga hari kemudian rok pun selesai. Setelah itu, karena tiba-tiba ada kabar om saya sakit, ibu mengajak ke Jogja untuk menjenguk om saya itu. Alhasil saya bolos kursus dulu. Saya sama ibu ke Jogja naik sepeda motor. Di Jogja, ibu janji ngajak saya main ke Taman Pintar sama Taman Sari. Alasannya karena sebelumnya saya emang minta pergi ke tempat itu gara-gara saya lihat video Jalan-jalan, Men. Muehehe

Hari pertama di Jogja, kami transit di tempat mbah. Sorenya saya langsung disuruh ibu buat siap-siap buat pergi ke Taman Pintar. Kita langsung masuk setelah tahu kalau tempat itu tutupnya jam lima sore. Tapi sebelumnya ibu beli tiket dulu, harganya 15,000. Wahana pertama yang kita masuki adalah ruangan yang berisi tentang cerita sejarah kemerdekaan Indonesia. Isinya ada foto-foto dan semacam TV layar sentuh yang misal kita milih menunya nanti bakal keluar penjelasan tentang sejarah Indonesia. Setelah bosen, saya sama ibu pun keluar. Di deket pintu keluar ini saya baru menemukan foto-foto presiden RI yang pernah menjabat dari awal sampai saat ini. Selanjutnya kami masuk ke wahana yang isinya DINOSAURUS ! Tentu aja bukan dinosaurus beneran. Tapi cukup manjur untuk membuat anak kecil nangis kalau lihat ini. Hehe

Semakin ke dalam saya melihat semacam aula yang berisi benda-benda berbau ilmu pengetahuan. Ada cakram warna, alat percobaan fisika, dan benda-benda sejenisnya. Cakram warna ini adalah papan berbentuk lingkaran dengan warna sesuai urutan pelangi yang kalau diputer warnanya seakan berubah jadi putih.
Lalu saya menemukan jalan yang menanjak dan saya pun mengikutinya. Di samping pijakan yang semacam tangga ini, ada beberapa poster ilmuwan terkenal seperti Newton, Einstein, Hawking, dll.
Semakin ke atas ternyata semakin banyak wahana yang menarik. Ada kristal listrik yang bikin rambut berdiri, turbin yang dikayuh pakai kaki, gambar-gambar unik yang penuh teka-teki, sampai kursi paku yang nggak bikin pantat sakit pas diduduki (tapi nggak tahu juga ding, soalnya saya nggak berani nyoba :p)

Karena takut keburu tutup, saya sama ibu mempercepat kunjungan ini. Kira-kira jam 4 lebih kami pun keluar. Ibu lalu pergi ke mushola untuk sholat, dan setelah selesai kami mampir ke Mirota lalu pergi menjenguk om saya.
Hari kedua, kami pergi ke Taman Sari. Ternyata walaupun ibu saya orang Jogja, beliau juga baru pertama kali itu ke Taman Sari -_-

Tiket masuk ke Taman Sari harganya murah meriah, cuma 3000 perak. Saya pun langsung bersemangat masuk dan mulai banyak tanya sama ibu saya tentang tempat ini. Walaupun ibu baru pertama berkunjung, tapi sebagai orang Jogja ya sedikit-sedikit pasti ngerti sejarahnya lah. Kalau kita tarik mundur beratus tahun yang lalu, Taman Sari ini mungkin kaya kolam renang gitu lah. Tapi yang boleh nyelem cuma selir sama permaisuri Raja. Saya jadi ngebayangin pasti settingnya kaya semacem film Angling Dharma itu. Hoho

Di sekitar area Taman Sari, ada banyak bangunan unik yang bisa kita temuin ketika mblusuk-mblusuk di perkampungan sekitar. Hasil dari mblusuk-mblusuk dan ngikutin orang yang dipandu sama tourguide (teteup ya, nggak mau rugi, hehe) adalah saya nemuin masjid bawah tanah dan semacam kamar mandi umum jaman dulu. Yang bikin saya kagum, bangunan jaman dulu itu nggak tanggung-tanggung tebelnya! Padahal jaman dulu apa udah ada semen ya?
Akhirnya setelah melewati bangunan yang terakhir, yaitu terowongan apa lah namanya, saya sama ibu balik ke tempat mbah.
Hari ketiga kami balik ke Wonogiri setelah mampir sebentar untuk mengunjungi saudara di Klaten.

Setelah semua itu saya harus menekuni lagi kursus saya. Pelajaran selanjutnya adalah bikin rok lagi, tapi sekarang dengan model yang berbeda. Dengan kain yang dibelikan ibu di Solo, kali ini saya memilih untuk membuat rok model rempel. Awalnya emang saya mikirnya ini bakalan susaah. Harus bikin lipatan-lipatan yang pastinya bakal menguji kesabaran. Namun, akhirnya rok itu jadi juga meski hasil akhirnya tidak begitu sesuai keinginan. Gambarnya kaya di bawah ini.
Karena kebanyakan rempelnya jadi mirip kurungan ayam
Di sela-sela kesibukan saya yang baru ini, tiba-tiba saya dikagetkan dengan suatu kabar. IP udah keluar! Jeng jeng. Iya, naluri mahasiswa saya yang sebelumnya kaya udah ilang muncul kembali. Saya mulai galau. Nilai saya sebenarnya nggak jelek-jelek banget sih. Cuma ya agak iri kalau tahu nilai temen-temen yang lebih baik dari saya. Soalnya saya dulu pas awal masuk kuliah, belum tahu apa-apa udah pengin cum laude aja. Tapi masih banyak juga ternyata yang di bawah saya. Saya pun bersyukur. Terus saya pun jadi bertanya-tanya kenapa saya dulu pengin cum laude, rumput pun bergoyang... Nggak gitu, maksud saya apa sih yang bakal kita dapet misal kita dapat IP 4? Bangga. Ya pasti. Tapi setelah itu, udah nggak ada yang ngungkit-ungkit lagi kan. Lagian kata dosen saya bidang studi itu bukan penentu masa depan, tapi sekedar batu loncatan. Dan itu artinya masih ada batu yang lain yang bisa kita pakai buat melompat, semisal ya soft skill kita. Soft skill itulah yang nanti menentukan masa depan kita, kesuksesan kita. Dan kesuksesan itu bukan sebatas ketika kamu bisa sampai kepada tujuan yang kamu inginkan, tapi juga bagaimana kualitas dan kuantitas kamu ketika menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.  Jadi ya udah lah, saya mencoba untuk menyadarkan diri saya kalau nilai itu nggak dibawa mati (jadi inget Bang Thoni). Yang penting adalah amalan kita, hubungan kita dengan Tuhan dan manusia. Karena Tuhan berfirman "Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain".

Mohon maaf kalau endingnya agak nggak nyambung. Karena akhir liburan saya memang agak suram karena hal tersebut. Muehehe
Tapi saya ngomong gini nggak bermaksud untuk menyerah gitu aja buat dapet IP bagus. Intinya ya syukuri aja apa yang udah kita usahain. Belajar ya harus tetep jalan lah, namanya juga mahaSISWA. Dan tetep juga jadi mahasiswa bahagia :D cc: Bang Shiro

6 comments:

  1. Walaupun endingnya agak ga nyambung, tapi aku suka endingnya Nur ;)

    ReplyDelete
  2. Wah kamu ngeblog juga fir? :D
    hehe.. iya makasih ya.. ntar aku tak berkinjung k blogmu ^^

    ReplyDelete
  3. itu blog ga pernah tak urus kok Nur, dulu bikin blog cuma gara2 disuruh Pak Muh pas jaman kelas 11, hehe :D

    ReplyDelete
  4. lha ini kamu buka nya lewat apa fir? asik lho ngeblog tu tnyta :D

    ReplyDelete
  5. ya pake blog sih, cuman ga pernah tak urus aja, hehe. Asik to Nur? yah kalo ak lebih suka baca daripada nulis, jadi kurang berminat buat nulis2 di blog, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya urusin dong fir :p
      ak awalnya juga gtu, tp lama" jd pngn nulis jga.. hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...