Thursday 14 November 2013

Ketemu Raditya Dika, It's Something

Hari Selasa kemarin kebetulan saya dapat tiket talkshow gratis dari temen. Sebenernya sih itu yang ngasih dosen, tapi karena temen saya mendadak nggak bisa dateng, saya pun dengan tangan terbuka menerima tiket tersebut.

Sebenernya saya biasa aja sama orang yang mau ngisi talkshow tersebut. Dia adalah Raditya Dika. Ya siapa sih yang nggak kenal dengan penulis yang punya follower bejibun ini? Saya juga misal nggak gratis males juga ikut acara ini. Bukan apa-apa sih, tiketnya mahal. Hehe

Nah, kebetulan juga di hari itu ada hal spesial lain. Hari itu adalah hari pertama saya jadi tentor. Alias jadi guru les. Saya terima tawaran tersebut selain karena emang butuh duit juga karena pengen nambah pengalaman aja. Soalnya sehari-hari kalo nggak kuliah saya cuma ngebo di kamar kost. Hhe. Selain itu karena ingat nasehatnya Imam Syafi'i:


“Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, engkau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah berjuang”

Jadilah di hari itu saya harus bener-bener memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Pasalnya acara talkshow yang temanya "Menulis Stand Up Comedy" itu dijadwalkan jam 12 siang sampai jam 5 sore. Sedangkan jadwal saya ngeles jam 4 sore.

Singkatnya saya sama salah satu temen saya janjian di Aula Gedung F FKIP UNS. Di meja registrasi kami tanda tangan dulu dan dikasih seperangkat alat tulis Faber Castel (nggak maksud promosi, emang sponsor utamanya itu). Alhamdulillah banget ini. Udah tiket gratis, masih dikasih alat tulis gratis :D

Setelah tangan kami dicap, kami pun segera cari tempat duduk. Niatnya duduk di depan tapi sayangnya udah penuh. Akhirnya kami duduk di deretan tengah. Di tempat duduk itu ada satu hal yang bikin kami gelisah, yaitu sepasang anak cowok SMA yang kelihatan mesra banget dimana salah satu cowoknya neglus-elus bahu cowok satunya -_- *Semoga aja saat itu mereka cuma becanda*

Buat nunggu kedatangan Raditya Dika, peserta disuguhi hiburan band yang punya kemampuan yang amat sangat biasa expert dan lagu-lagu yang amat standar eksotis. Jadi band ini main musiknya pakai sedotan sehingga suara yang dihasilkan lebih ke bikin orang terganggu. Karena itulah mereka menyebut aliran musik noise.

Sekitar satu jam peserta disuruh dengerin bunyi yang ngenganggu itu. Selanjutnya MC ngumumin kalo bang Dika nya udah datang. Peserta pun disuruh manggil bareng-bareng. Karena nggak dateng-dateng, MC mulai mengalihkan pembicaraan. Dan saat itulah dengan muka polosnya si Manusia Setengah Salmon itu masuk panggung. Fansclubnya yang udah siap dengan berbagai macam aksesorisnya yang alay kreatif, mulai minta foto.

Materi yang dikasih tahu bang Dika buat nulis Stand Up Comedy antara lain:
  • Cari hal yang bikin kamu gelisah. Itu bisa jadi bahan joke.
  • Lihat kekurangan diri.
  • Memperhatikan apa yang ada di diri orang lain.
  • Dari keluarga juga bisa.
  • Jangan cuma hapalin joke. Tapi juga banyakin improvisasi.
  • Saat nulis draft joke, coba ketawain sendiri joke kamu.
  • Yang ini penting nih. Jangan pernah ngundang orang yang mau kamu omongin saat mau stand up comedy.
Cuma itu sih yang saya ingat. Soalnya fokusnya bukan ke ilmunya, tapi lihat bang Dika stand up comedy. Hehe

Dan ketika jam tangan saya udah menunjukkan pukul 15.00 WIB, saya pun pamit pulang duluan sama temen saya. Sayang sekali waktu saya keluar, hujan turun dengan derasnya. Terpaksa saya basah-basahan buat ngambil motor. Lalu saya menuju kos dulu buat sholat Ashar dan jam 4 saya baru pergi ngelesin.

Rumah adik yang saya les-in kebetulan deket sama kampus. Jadi, saya nggak terlalu boros bensin. Di rumah adiknya itu saya sempet grogi juga karena belum tahu hari ini mau belajar apa. Akhirnya adiknya minta diajarin mata pelajaran IPA. Dan saya cuma ngejelasin ulang apa yang ada di buku paketnya sama nyuruh ngerjain LKS.

Yah, cuma gitu doang sih. Saya tahu masih banyak kekurangan dalam ngasih materi ke adiknya. Misal ada yang mau kasih masukan tentang cara jadi tentor yang baik bisa sharing di comment box. Hehe

Oiya, karena judulnya "Ketemu Raditya Dika, It's Something", yang saya maksud "sesuatu" di sini bukan berarti saya mengidolakan dia. Sesuatu di sini maksudnya adalah cara dia menginspirasi orang lain dengan gayanya yang nggak jelas itu. Saya sih setuju dengan joke dia yang nyindirin orang pacaran. Jadinya diharapkan nanti banyak yang memutuskan untuk jomblo #jomblosirik *Dukung gerakan JOSH (JOmblo Sebelum Halal) :p

Udah gitu aja ya... See you next post :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...