Tuesday 23 July 2013

Ini Ramadhanku, Bagaimana Ramadhanmu?

Alhamdulillah hari ini udah masuk hari ke 15 di Bulan Ramadhan. Berarti tinggal 15 hari juga (yang ikut puasa di 30 hari) saya dan umat muslim lain merayakan hari Raya Idul Fitri. Yeye :D

Duh cepet banget ya waktu berlalu. Rasanya baru kemarin ngerasa seneng banget bisa puasa sehari penuh, padahal itu udah sekitar 9 tahun yang lalu. Rasanya baru kemarin habis sholat tarawih ngumpul sama temen sepantaran buat tilawah, dan sekarang mereka udah pada merantau. Balik mungkin cuma setahun dua kali. Hmm, missing my childhood :')


Nah, untuk postingan kali ini saya mau nulis tentang kebiasaan di Bulan Ramadhan. Khususnya yang ada di desaku yang kucinta. Hihi. Here they are...
  • Tarawih di Masjid
Di desa saya kalau sholat tarawih, biasanya di malam-malam awal Bulan Ramadhan pasti yang datang banyak. Apalagi kalau anak-anak kost yang di STM lagi pada nggak pulang, bisa sampai tumpeh-tumpeh. Jadinya yang perempuan sholatnya harus nggelar tikar di luar. Tapi sayangnya kalau udah sampe pertengahan bulan gini, nggak tahu para makmumnya itu ngabur ke mana. Mungkin dibawa terbang sama naga Indosiar...
  • Tilawah Al Qur'an
Seperti yang udah saya bilang di awal tadi, dulu remaja masjid di kampung saya bisa dikatakan rutin tilawahan. Mulai dari habis Subuh, habis Ashar selesai ngajarin ngaji anak-anak TPA, sampai habis Isya dan Tarawih saya sama remaja masjid yang lain pada semangat tilawah biar bisa khatam Al Qur'an di satu bulan yang penuh berkah itu. Sekarang malah yang semangat baca Al Qur'an di masjid adalah ibu-ibu yang umurnya udah lumayan lanjut. Entah kenapa sekarang ini remajanya malah udah nggak kelihatan. Bisa jadi para remaja sekarang lebih milih baca update status di sosmed daripada baca ayat suci Al Qur'an. Duh, miris euy...
  • Bagi-bagi Takjil
Di desa saya ada satu masjid yang bisa juga dikatakan masjid pusat di sekitar lingkungan saya. Kebetulan masjid itu letaknya cuma sebelahan dari rumah saya, jadi saya dari kecil sampai sekarang alhamdulillah nggak harus jalan jauh biar bisa sampai ke masjid. Mungkin karena itu juga, dulu waktu kecil saya disuruh ikut TPA di masjid itu sama orang tua. Dan sejak kecil itu juga saya selalu dapat takjil dari masjid ini. Hehe
Menginjak remaja, saya udah bisa dikatakan lulus dari TPA itu. Seperti sudah hukum alam di kampung saya, buat yang udah lulus bisa naik pangkat buat membantu jadi guru di TPA itu. Karena udah naik pangkat, kewajiban saya juga udah berubah, dari yang awalnya jadi murid dan cuma duduk manis langsung dapet takjil, saat jadi guru pembantu, saya jadi harus ikut ngebantuin bagi-bagiin takjil dan masak air buat minum murid-murid dan guru TPA. 
Selama jadi guru TPA ini, banyak hal yang bisa bikin saya ketawa dan kadang makan ati juga. Pasalnya adik-adik yang jadi murid di TPA ini kebanyakan masih kecil-kecil. Masih imut-imut, kaya saya :p Jadi kadang ada kejadian lucu juga, kaya waktu ngajarin adik kecil huruf "ro", karena belum lancar ngomongnya, malah bilangnya jadi "lo". Hihi. Kalau yang bikin makan ati itu ketika saya lagi ngomong, eh adik-adiknya malah pada lari-larian atau rame sendiri *elus dada biar sabar*
  • Nyalain Petasan
Kaya anak kecil lainnya, dulu saya juga pernah mainin petasan. Hehe. Apalagi saya punya kakak cowok, kadang saya ngikutin dia waktu dia pergi sama teman-temannya buat cari tempat yang bagus untuk main petasan. Cuman saya nggak berani kalau nyalain sendiri. Biasanya saya cuma lihat, atau kalau bener-bener pengen nyalain sendiri, belinya yang petasan cabai (kalau nggak salah namanya itu) atau kembang api. Haha
  • Bagi-bagi Angpao
Hari Raya Idul Fitri memang bener-bener Hari yang Penuh Kemenangan. Apalagi saat kita dapet duit dari kakek, nenek, pakdhe, budhe, paklik, ataupun bulik. Rasanya kaya habis menang arisan ibu-ibu PKK :p Kadang kalau beruntung bisa juga sih dari tetangga-tetangga. Cuman sayangnya momen kaya gini cuma bisa dirasain ketika umur kalian nggak lebih dari 17 tahun. 17 ke atas mungkin masih ada yang ngasih sih, tapi di umur segini udah ada rasa ewuh pekewuh kalau dikasih uang kaya gitu. Rasanya sungkan, tapi tetep aja dikantongin. Wkwk

Mungkin beberapa pengalaman di atas mirip-mirip sama kebiasaan di Bulan Ramadhan di daerah lain. Misal ada yang beda bisa diceritain di comment box. Akhir kata, saya ucapkan selamat puasa buat yang menjalankan :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...